NURULHAYAT RACHIM DIEF, 125030008 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI MORAL DALAM TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI SMKN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Me ngidentifikasi dalam Kurikulum 201 3 merupakan keterampilan me m - baca, menulis, dan menyimak . Ketiga hal tersebut merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Metode role playing merupakan metode bermain peran yang menekankan peserta didik untuk bekerja sama bersama teman . Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai p embelajaran mengidentifikasi nilai moral dalam teks drama dengan menggunakan metode role playing pada siswa kelas XI SMKN 4 Bandung tahun pelajaran 2015/ 2016. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Mampukah penulis meren - canakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi nilai moral dalam teks drama dengan menggunakan metode role playing pada siswa kelas XI SMKN 4 Bandung ? ; 2) Mampukah peserta didik kelas XI SMKN 4 Bandung mengidentifikasi nilai mo ral dalam teks drama dengan tepat ? ; 3) Efektifkah metode role playing digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai moral dalam teks drama pada siswa kelas XI SMKN 4 Bandung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampu an penulis , peserta di dik, serta keef e ktifan metode role playing . Hipotesis yang penulis rumuskan adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi nilai moral dalam teks drama dengan menggunakan metode role playing pada siswa k elas XI SMKN 4 Bandung ; 2) Peserta didik kelas XI SMKN 4 Bandung mampu mengidentifikasi nilai moral dalam teks drama dengan tepat ; 3) Metode role playing efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai moral dalam teks drama dengan menggunakan metode role playing pada siswa kelas XI SMKN 4 Bandung . Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre - eksperi m en je - nis one group pretest posttest design dengan teknik penelitia n observasi , uji coba, dan tes . Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, me - laksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi nilai moral dalam teks drama dengan menggunakan metode role playing pada peserta didik kelas XI SMKN 4 Bandung . Hal ini dibuktikan dengan nilai rata - rata perencanaan dan pelaksan a an pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3, 83 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A ); 2) Siswa kelas XI SMKN 4 Bandung mampu mengidentifikasi nilai moral dalam teks drama . Hal ini dibuktikan dari nilai rata - rata pretes sebesar 51,16 dan nilai rata - rata postes 78,23 atau peningkatan sebesar 10,28 %; 3) Metode role playing efektif digunakan dalam pembelajaran meng - identifikasi nilai moral dalam teks drama . Hal ini dibuktikan dengan uji statistik t hitung ≥ t tabel yaitu 17,7 1 > 2,0 3 dalam tingkat kepercayaan 95 % dengan taraf signifi kan 5 % dan derajat kebebasan 2 4 . Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan metode role playing efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai moral dalam teks drama pada siswa kelas XI SMKN 4 Bandung. Kata Kunci: Mengidentifikasi , nilai moral, teks drama, metode role playing
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 17:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 17:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12549 |
Actions (login required)
View Item |