PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP

Fitri Sabina, NPM. 148060029 (2016) PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Fitri Sabina.docx

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskriptifkan secara kritis tentang implementasi penerapan discovery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis serta melihat seberapa besar pengaruh pembelajaran ini terhadap self regulated learning siswa kelas VIII SMP.N. 2 Kab Cirebon. Sementara latar belakang penelitian ini berawal untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam pelajaran matematika karena pelajaran matematika pada hakikatnya berkaitan dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran merupakan proses ilmiah, karna itu siswa dapat dengan aktif menemukan (discovery) suatu konsep atau prinsip pembelajaran, sehingga proses pembelajaran akan berpindah dari guru yang mendominasi pembelajaran menajdi siswa yang aktif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran dengan tipe penyisipan, dengan sampel penelitian sebanyak 35 siswa. Penelitian ini menggunakan dua jenis analisis data: analisis data kualitatif, yang terdiri dari tes kemampuan pemahaman konsep dan tes penalaran matematis, kemudian analisis data kualitatif, berupa angket self regulated learning, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa yang diajarkan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik, terdapat hubungan peningkatan kemampuan pemahamn konsep dan penalaran matematis siswa pada kelas yang diajarkan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik, serta memberikan pengaruh peningkatan self regulated learning siswa. Kata Kunci: Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Penalaran Matematis, Self Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Sep 2016 15:36
Last Modified: 23 Sep 2016 15:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12547

Actions (login required)

View Item View Item