Elsa Tri Lestari, 125020001 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Inggris.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK indonesia.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “ PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF ” (Studi Kasus Pada M ata Pelajaran Ekonomi Dikelas X IPS SMA BINA DHARMA 2 Bandung), Dilatar belakangi oleh Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ekonomi yang didukung dengan masih rendahnya nilai rat a - rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Bertujuan untuk mengungkap tentang adanya perbedaan peningkatan berpikir krea tif siswa sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan pada mata pelajaran ekonomi materi pokok koperasi dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, penelitian dilakukan di S ma Bina Dharma 2 B andung pada kelas eksperimen (X IPS 1 ) dan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada kelas kontrol (X IPS 2 ). Metode pen elitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design . Data hasil pe n in gkatan berpikir kreatif siswa diperoleh dari hasil postest yang berbentuk essa y , diolah melalui program SPSS 23.0 for windows peningkatan berpikir kreatif awal (pre test) kelas eksperimen diperoleh nilai rata - rata 63,91 dan rata - rata peningkatan berpikir kreatif kelas k ontrol 62,81. Peningakatan berpikir kreatif akhir ( post test) siswa kelas eksperimen dengan perlakuan model discovery learing memiliki nilai rata - rata sebesar 85,16 sedangkan untuk rata - rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol adalah 78,2 8. Terdapat peningkatan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen yaitu 85,16 - 63,91= 21,25 untuk kelas kontrol yaitu 78,28 - 62,81= 9,47. Hi potesis penelitian berbunyi terdapat peningkatan positif dari penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam upaya meningkatkan berpikir kreatif siswa. Teknik pengolahan /analisis data menggunakan tes, telaah putaka dan obsevasi. Hasil penelitian ini men unjukkan perbedaan peningkatan berpikir kreatif siswa sebesar 8 5,16 un tuk kelas eksperimen . Hal ini dibuk tikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan diatas didapatkan t hitung = 3,124 sedangkan t tabel = 2,75 . Sehingga pada rumus hipotesis t hitung > t tabel sehingga Ho ditolak H 1 diterima . Teknik pengolahan /analisis data dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t). D apat dilihat dari selisih hasil pre test dan post test , untuk kelas eksperimen yaitu 63,91 – 8 5,16 = 21,25 % . Kesimpulan Hipotesis yang dirumuskan bahwa “ penggunaan model pembelajaran discovery learning memberikan hasil positif terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa ” dapat diterima, hal tersebut dibuktikan oleh uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Sebagai akhir penelitian penulis merekomendasikan model pembelajaran dengan model discovery learning dapat meningkatkan berp ikir kreatif siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran ekonomi khususnya materi koperasi. Kata Kunci : Model Discovery Learning , Peningkatan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 13:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 13:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12489 |
Actions (login required)
View Item |