PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN BAHAN AJAR PETA KONSEP BERGAMBAR PADA KONSEP PROTISTA

DEVI DAHLIANI, 125040114 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN BAHAN AJAR PETA KONSEP BERGAMBAR PADA KONSEP PROTISTA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indo.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract engslish.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar memiliki peran penting dalam pembelajaran, karena melalui pemilihan bahan ajar yang tepat dapat mengarahkan guru pada kualitas pembelajaran yang efektif . Salah satu bahan ajar yang dapat mempermudah siswa untuk lebih memahami materi dalam proses pembelajaran yaitu bahan ajar seperti peta konsep. Peta konsep biasanya dibuat dalam bentuk bagan dan tabel . Namun dalam penelitian ini, peneliti berinovasi untuk membuat peta konsep bergambar agar dapat melatih dan mempermudah siswa untuk mengidentifikasi konsep - konsep melalui sebuah garis bermakna yang saling berhubungan serta terdapat gambar - gambar pendukung pada setiap konsepnya untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. P enelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan t erhadap satu kelas yang telah ditentukan berdasarkan kriteria pre stasi belajar hampir sama di SMA Pasundan 2 Bandung dengan desain penelitian Pre - eksperimental dalam bentuk One – Group Pretest – Posttest Design . Data penelitian yang diperoleh dengan memberikan hasil pretest dan posttest. Adapun nilai rata - rata hasil belajar yang diperoleh dalam kelas tersebut adalah 43, 793 dan 77, 897 . Dari hasil uji hipotesis didapatkan keduanya memiliki nilai t hitung = 35,085 yang lebih besar daripada t tabel (0,05) = 2,048 pada taraf signifi kasi 5 % atau α = 0,0 5 , jadi data nilai rata - rata posttest pada kelas tersebut terdapat adanya peningkatan yang signifikan karena t hitung > t tabel , ini berarti H O ditolak dan H A diterima . Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan bahan ajar peta konsep bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep protista. Kata Kunci : Bahan Ajar, Peta Konsep Bergambar dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 22 Sep 2016 19:30
Last Modified: 23 Sep 2016 19:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12469

Actions (login required)

View Item View Item