CEPI SAEPUL ALAM, 125030019 (2016) PEMBELAJARAN MENGKLASIFIKASI TEKS CERITA BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PAGADEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK2.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 inquiri.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.inquiri.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustka cpi.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran mengklasifikasi berkaitan dengan keterampilaan menulis dan menyimak. Salah satunya yaitu menulis teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri, yang menekankan pada konsep untuk mengembangkan kreatifitas siswa dalam memecahkan maslah. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden?; (2) Mampukah siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden mengklasifikasi teks cerita biografi berdasarkan struktur teks, dengan menggunakan metode inkuiri?; dan (3) Efektifkah metode inkuiri digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden; (2) siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden mampu mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri; dan (3) metode inkuiri digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,78 yang termasuk kategori baik sekali. b. Siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden mampu mengklasifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari hasil nilai ratarata pretes sebesar 1,68 dan nilai rata-rata postes sebesar 3,28. Peningkatannya sebesar 1,6. c. Metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 4,1 , t tabel sebesar 2,07 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 26. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Mengklasifikasi teks cerita biografi, dan Metode inkuiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 18:46 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 18:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12459 |
Actions (login required)
View Item |