PERAN PEMERINTAH INDONESIA DALAM PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR NEGERI MELALUI PROGRAM G TO G

Agungrai Ayeshaputra, 122030094 (2016) PERAN PEMERINTAH INDONESIA DALAM PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR NEGERI MELALUI PROGRAM G TO G. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. Cover.docx

Download (80kB)
[img] Text
2. ABSTRAK, Indonesia, Inggris.docx

Download (13kB)
[img] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
3. BAB I dan BAB II.docx

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Tenaga Kerja Indonesia (TKI) merupakan salah satu devisa Negara dan merupakan sumber penghasilan untuk Negara Indonesia, akan tetapi dibalik TKI yang merupakan sumber penghasilan bagi Negara, tidak semua TKI bekerja dengan layak di luar Negeri. Terutama dari segi Penempatan dan Perlindungan TKI, masih sering terjadinya kekerasan yang dialami oleh TKI karena faktor - faktor yang pada akhirnya TKI terlantar di luar Negeri. Kekerasan yang terjadi salah satunya kekerasan seksual, pemukulan, hingga TKI tidak mendapatkan upahnya. Adapun terlantarnya TKI di luar Negeri adalah kebanyakan TKI mendaftarkan diri mereka menjadi TKI di Perusahaan Swasta yang tidak memiliki izin dari Pemerintah Indonesia. Maka dari itu Pemerintah mengambil tindakan tegas dengan menutup Perusahaan Swasta, namun upaya pemerintah Indonesia masih dinilai kurang, pasalnya masih sering terjadi kasus terhadap TKI di luar Negeri. Pemerintah Indonesia pun terus berupaya menimialisir kasus terhadap TKI dengan membuat beberapa kebijakan seperti Program G to G. Program Tersebut dibuat dengan tujuan meminimalisir terjadinya kekerasan yang dialami oleh TKI, dan program tersebut dibuat untuk Penempatan yang jelas dan memberikan Perlindungan yang berupa payung hukum yang berlaku. Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti memilih judul dalam penelitian ini “ Peran Pemerintah Indonesia Dalam Penempatan dan Perlindungan Terhadap Tenaga Kerja Indonesia Ke Luar Negeri Melalui Program G to G ”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan upaya pemerintah Indonesia dalam meminimalisir terjadinya kasus kekerasan terhadap Tenaga Kerja Indonesia di luar Negeri. Selanjutnya kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis diharapkan berguna untuk wawasan dan pengetahuan seputar Ilmu Hubungan Internasional, dan juga penelitian ini diharapkan berguna bagi para pembuat keputusan dan bagi pihak - pihak yang melakukan penelitian sebagai bahan. Selain sebagai sebuah bahan diharapkan menjadi pembanding, sehingga dapat dilakukan perubahan dan perbaikan dalam menangani permasalahan Tenaga Kerja Indonesia beserta penyimpangan - penyimpangannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analisis suatu bentuk yang menggambarkan secara cermat suatu gejala atau masalah yang diteliti dalam situasi untuk kemudian menganalisa mengapa gejala dan masalah tersebut dapat terjadi. Hasil dari penelitian ini adalah peran Pemerintah Indonesia dalam meninimalisir terjadinya kasus kekerasan terhadap TKI di Luar Negeri. Dalam hal ini Pemerintah Indonesia membuat program sebagai wadah Penempatan dan Perlindungan TKI. (Kata Kunci : Penempatan dan Perlindungan Terhadap TKI)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 22 Sep 2016 19:17
Last Modified: 22 Sep 2016 19:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12453

Actions (login required)

View Item View Item