PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP EKOSISTEM

ASHRIATI NUR KARIMAH, 125040098 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan penemuan masalah di SMA Kartika XIX - 1 Bandung. Hasil belajar bidang studi Biologi di s etiap kelas memiliki nilai rata - rata dibawah KKM sebanyak 80% siswa . Tujuan penelitian ini adalah untuk me ningkat k an hasil belajar melalui penerapan multimedia berbasis discovery learning pada konsep ekosistem. Populasi terdiri atas kelas X sebanyak 4 kelas. Sampel menggunakan teknik purposive sampling , yaitu X MIA 2 sebaga i kelas eksperimen, dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Control Group Pretest and Postest. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif PG (pilihan ganda) sebanyak 20 butir soal. Hasil data pre test dan posttest dianalisis menggunakan uji normalitas dengan chi - kuadrat , uji homogenitas dengan uji F, uji hipotesis dengan uji t, kemudian uji N - Gain untuk menghitung nilai peningkatan hasil belajar siswa. N ilai rata - rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 82,973 lebih tinggi dibandingkan nilai rata - rata kelas kontrol yaitu 73,378. Hasil uji t menyatakan bahwa t hitung 4,880 lebih besar dari t tabel 1,996 yang artinya hasil belajar signifikan (berbeda nyata) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga hipotesis dapat diterima. N ilai N - Gain yang diperoleh kelas eksperimen yaitu, 0,701 (kriteria tinggi). Nilai N - Gain yang diperoleh kelas kontrol yaitu, 0,531 (kriteria sedang). P roses pembelajaran melalui penerapan mu ltimedia berbasis discovery learning pada konsep ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan . Kata kunci: Multimedia Berbasis Discoery Learning , Peningkatan Hasil Belajar, dan Penerapan Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
PRESENTATION
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Sep 2016 18:42
Last Modified: 22 Sep 2016 18:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12452

Actions (login required)

View Item View Item