Penggunaan Alat Peraga sebagai Upaya Meningkatkan Minat dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar

Ai Julaerah, NPM. 148060014 (2016) Penggunaan Alat Peraga sebagai Upaya Meningkatkan Minat dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
artikel ai j.docx

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control group design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan alat peraga yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan dampaknya terhadap minat belajar siswa di sekolah dasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika, angket minat belajar siswa dengan skala Likert, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa unggul dan asor yang menggunakan alat peraga lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa unggul dan asor yang menggunakan alat peraga dengan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa unggul dan asor yang menggunakan alat peraga lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa unggul dan asor yang menggunakan alat peraga dengan model kooperatif tipe STAD, (4) Peningkatan kemampuan pemahaman matematika matematika siswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran menggunakan alat peraga dengan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripada kemampuan pemahaman matematika siswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran alat peraga dan pembelajaran konvensional, (5) Tidak terdapat perbedaan peningkatan minat belajar matematika siswa yang menggunakan alat peraga, alat peraga dengan model kooperatif tipe STAD, dan pembelajaran konvensional, (6) Terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman matematika siswa dengan minat belajar matematika siswa, (7) Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan alat peraga rata-ratanya naik dari kriteria kurang baik sampai menjadi baik, dan siswa menjelaskan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga lebih menarik, mudah dipahami dan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci :Alat Peraga, Pemahaman Konsep Matematika, minat belajar siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Sep 2016 18:06
Last Modified: 22 Sep 2016 18:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item View Item