SITI ANNISA WASILATUL FADILAH, 125040092 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER .pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK b.indonesia.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT B.inggris.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I annisa.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II annisa pak ama.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka Fix.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Inquiry pada konsep pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 01 Katapang. Sampel sebanyak satu kelas eksperimen ditentukan dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes kemampuan yang mengukur aspek kognitif berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, non tes berupa rubrik penilaian aspek afektif dan aspek psikomotor. Hasil yang diperoleh pada aspek kognitif yaitu nilai maksimum pretest yaitu 60 dan posttest yaitu 95 nilai minimum pada pretest 20 dan nilai minimum posttest yaitu 60, nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 42,84 dan 77. Berdasarkan analisis hipotesis menunjukkan hasil belajar yang meningkat secara signifikan, diperoleh hasil t hitung 14,71 > t tabel 2,76. Nilai rata-rata aspek afektif yaitu 84,1 dengan kriteria baik. Nilai rata-rata aspek psikomotor yaitu 90,33 dengan kriteria sangat baik. Hasil penggunaan model pembelajaran Inquiry menunjukkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penulis memilih model pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dikarenakan pembelajaran Inquiry merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam mencari dan menyelidiki materi yang dipelajari, dari penyelidikan tersebut siswa mampu menganalisis, aktif dan trampil. Sehingga, siswa dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Dari hasil kognitif, afektif dan psikomotor dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry sangat dapat diterapkan pada saat penelitian dan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 18:01 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 18:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12429 |
Actions (login required)
View Item |