PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DAN POWER POINT PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI

ANISAH BASYAROH, 125040078 (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DAN POWER POINT PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak b.indonesia.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak b.inggris.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bert ujuan untuk m engetahui perbedaan hasil belajar siswa ke las X IPA SMA Negeri 1 Katapang melalui penggunaan media pembelajaran berbasis adobe flash dan power point pada materi ruang lingkup biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen t . D esain penelitian yang digunakan berbentuk “Pretes t - Pos tes t Control Group Design ” . P enelitian ini mengambil dua kelas sampel yaitu kelas X IPA 4 dan X IPA 5. Parameter yang digunakan adalah hasil belajar ranah kognitif bloom pada jenjang C1 sampai C2, serta ranah psikomotor pada jenjang P1 sampai P2. Instrume n pada aspek kognitif berupa tes objektif berjumlah 30 soal, sedangkan instrumen pada aspek psikomotor berupa rubrik lembar observasi. Nilai rata - rata pretest kelas power point yaitu 37,86, sedangkan rata - rata pretest kelas adobe flash yaitu 37,64. Berdasa rkan analisis data pretest kedua kelas menggunakan uji - t maka diperoleh hasil bahwa t hitung 0,12 < t tabel 2,65 pada taraf signifikan α = 0,01 . Jadi data nilai pretest pada kedua kelas tersebut tidak terdapat perbedaan yang signifikan karena t hitung < t tab el . Nilai rata - rata posttest kelas power point yaitu 77,12, sedangkan rata - rata posttest kelas adobe flash yaitu 83,06. Berdasarkan analisis data posttest kedua kelas menggunakan uji - t maka diperoleh hasil bahwa t hitung 4,14 > t tabel 2,65 pada taraf signif ikan α = 0,01. . Jadi, kemampuan siswa pada kedua kelas tersebut setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan karena t hitung > t tabel . Sedangkan penilaian pada aspek psikomotor didapatkan skor rata - rata pada kelas powerpoint yaitu 90,87 , dan pada kelas adobe flash yaitu 91,5. Rata - rata tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik Kedua media ini memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui pen ggunakan media pembelajaran berbasis adobe flash dan power point pada materi ruang lingkup biologi di SMAN 1 Katapang Kabupaten Bandung . Kata kunci: hasil belajar, adobe flash, power point.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 22 Sep 2016 17:44
Last Modified: 22 Sep 2016 19:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12413

Actions (login required)

View Item View Item