DESI SAHERTIANI, 125030144 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ULASAN FILM DENGAN MENGGUNAKAN METODE STIMULATIONS PADA SISWA KELAS XI SMA BINA MUDA CICALENGKA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Halaman sampul.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam proses komunikasi. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk memproduksi teks ulasan film. Stimullations atau rangsangan pikiran adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan konsep teknik memancing daya simak siswa terhadap hal yang menarik. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran memproduksi teks ulasan film dengan menggunakan metode stimullations pada siswa kelas XI IIS 2 SMA Bina Muda Cicalengka Tahun Pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah 1) Mampukah penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks ulasan film dengan menggunakan metode stimullations pada siswa kelas XI IIS 2 SMA Bina Muda Cicalengka? 2) Mampukah siswa kelas XI IIS 2 memproduksi teks ulasan film sesuai dengan judul, tujuan dan struktur yang tepat? 3) Efektifkah metode stimullations diterapkan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film pada siswa kelas XI SMA Bina Muda Cicalengka? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks ulasan film dengan menggunakan metode stimullations. 2) Siswa kelas XI IIS 2 SMA Bina Muda Cicalengka mampu memproduksi teks ulasan film dengan menggunakan metode stimullations. 3) Metode stimullations efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film pada siswa kelas XI IIS 2 SMA Bina Muda Cicalengka. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah pre-experimental design (nondesign) dengan teknik penelitian studi pustaka, tes dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan memproduksi teks ulasan film pada siswa kelas XI IIS 2 SMA Bina Muda Cicalengka. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan sebesar 3,93 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,95. Kemampuan penulis termasuk kategori baik. 2) Siswa kelas XI IIS 2 mampu memproduksi teks ulasan film sesuai dengan judul, tujuan dan struktur teks yang sesuai. Hal ini terbukti dari hasil nilai ratarata pretes sebesar 1 dan nilai rata-rata postes 3,68. Peningkatannya sebesar 11,04%. 3) Metode Stimulations efektif digunakan dalam pengembangan pembelajaran memproduksi teks ulasan film. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa metode stimulations ini tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film pada siswa kelas XI IIS 2 SMA Bina Muda Cicalengka. Karena dapat melatih siswa untuk meningkatkan cara belajar menuju belajar lebih baik khususnya pada saat memahami teks ulasan film. Kata Kunci :stimulations, kaidah, pembelajaran, struktur, teks ulasan film.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 17:15 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 17:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12399 |
Actions (login required)
View Item |