RENI SRIYANTI, 125030017 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERDASARKAN MEDIA GAMBAR DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAJALAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
9.ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
8.ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I FIX HAMBA.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II FIX HAMBA.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Teks Prosedur Kompleks adalah langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Metode problem based learning adalah model pem-belajaran yang diperoleh melalui proses menuju pemahaman akan resolusi suatu masalah. Media gambar berseri adalah media gambar yang terdiri dari 2 hingga 6 gambar yang me-nceritakan suatu kesatuan cerita. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks berdasarkan media gambar berseri dengan menggunakan metode problem based learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis melak-sanakan pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks berdasarkan media gambar berseri dengan menggunakan metode problem based learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya tahun pelajaran 2015/2016?; (2) Mampukah siswa kelas X SMA Ne-geri 1 Majalaya tahun pelajaran 2015/2016 memproduksi teks prosedur kompleks ber-dasarkan media gambar berseri dengan menggunakan metode problem based learning dengan tepat?; dan (3) Tepatkah metode problem based learning diterapkan dalam pem-belajaran memproduksi teks prosedur kom-pleks pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan sis-wa dan keefektifan metode problem based learning dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks berdasarkan media gambar berseri pada siswa kelas X SMA Ne-geri 1 Majalaya. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, mela-ksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks berdasarkan media gambar berseri dengan menggunakan metode problem based learing pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya tahun pelajaran 2015/2016. (2) Siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya tahun pelajaran 2015/2016 mampu mengikuti pembelajaran mempro-duksi teks prosedur kompleks berdasarkan media gambar berseri dengan menggunakan metode problem based learning; dan (3) Metode problem based learning efektif diguna-kan dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks berdasarkan media gambar berseri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan tek-nik penelitian telaah pustaka, observasi, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai beri-kut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mempro-duksi teks prosedur kompleks berdasarkan media gambar berseri dengan mengguna-kan metode problem based learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,75 dan pelaksanaan sebesar 3,36. 2. Siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya mampu memproduksi teks prosedur kompleks berdasarkan media gambar berseri dengan menggunakan metode problem based le-arning. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 1,55 dan nilai rata-rata posttest yaitu 2,72 Jadi, ada peningkatan sebesar 1,17 atau setara dengan 3,77%. 3. Metode problem based learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks berdasarkan media gambar berseri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 288,2>ttabel2,04 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 24. Hal ini mem-buktikan bahwa metode problem based learning efektif digunakan dalam pembe-lajaran memproduksi teks prosedur kompleks. Berdasarkan fakta di atas, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: prosedur kompleks, problrm based learning ,memproduksi, teks.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 14:58 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 14:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12379 |
Actions (login required)
View Item |