YUSUF SUPRIYADI, 125030076 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MODELEXAMPLE NON-EXAMPLE PADA SISWA KELAS XISMAN 17 BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Hitam-putih.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Teks eksplanasi kompleks adalah teks yang menjelaskan dan mengklarifikasi sesuatu hal yang berangkat dari fakta untuk kemudian mengh asilkan kesimpulan umum. M odel Example Non - Example merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran . Sehubungan dengan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran memproduksi teks eksplansi ko mpleks dengan menggunakan model example non - example pada siswa kelas XI S MA N egeri 17 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah: (1 ) M ampukah penulis melaksanakan pembelajaran memproduk si teks eksplansi kompleks dengan menggunakan model example non - example pada siswa kelas XI SM A N egeri 1 7 Bandung. ?; (2) M ampukah siswa kelas X I SM A N egeri 1 7 Bandung memproduksi teks eksplansi kompl eks dengan menggunakan model example non - example dengan tepat ?; dan (3) E fektifkah model example non - example diterapkan dalam pembelajaran mem - pro duksi teks eksplansi pada siswa kelas XI SM A N egeri 1 7 Bandung ? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) P enulis mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi k ompleks dengan menggunakan mo - del example non - example ; (2) S iswa kelas XI SMA N egeri 17 Bandung mampu me ngikuti pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggu - nakan model example non - example ; dan (3) M odel example non - example tepat di - gunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA N egeri 17 Bandung . Metode penelit ian yang penulis gunakan adalah kuasi eksperiment/ ekspe - rimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, tes dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi ko - mpleks dengan menggunakan model example non - example pada siswa kelas XI SMA N egeri 17 Bandung. Ha l ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelaj a ran sebesar 3,68 . Perencanaan dan pelaksanaan pembel - ajaran yang telah dila ksanakan dapat dinyatakan Baik (B ), sehingga penulis di - anggap berhasil melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi ko - mpleks dengan menggunakan model example non - example. 2. Siswa kelas XI SMA N egeri 17 Band ung mampu mengikuti pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model example non - example. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata - rata pretes t sebesar 2,35 dan nilai rata - rata postes 3 ,11 . P eningkatannya sebesar 0,76 . 3. Model example non - example tepat digunakan dalam pembelajaran mempro - duksi teks eksplanasi kompleks. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 12,5 , t tabel sebesar 2,0 56 pada tingkat kepercayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 26 . Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis ya ng dirumuskan dapat diterima . Kata kunci: Memproduksi, Model Exampel Non - Exampel , Teks Eksplanasi Kompleks vi ABSTRACT Text explanation complex is text to explain and clarify something that departs from the facts and then generate a general conclusion. Model Example Non - Example is a learning strategy that uses images as a medium to deliver learning materials. Relative to the author interested in conducting research on le arning produces text eksplanat i on complex by using the model example non - example in class XI student of SMAN 17 Bandung. The problems that the authors propose in this study are: (1) Can the writer implementing learning producing t ext ex plan a tion complex by using the model example non - example in class XI student of S MAN 17 Bandung.?; (2) Can the class XI student of SMAN 17 Ba ndung producing text ex planat i on complex by using the model example non - exampl e to the right ?; and (3) Effective the example non - example models applied in producing learning text ex planation compl ex in class XI student of SMAN 17 Bandung? The hypothesis that the writer formulated, namely: (1) T he author is able to carry out learning produces text explanation complex by using the model example non - example; (2) C lass XI student of SMAN 1 7 Bandung is able to follow the learning producing text explanatory complex by using the model example non - example; and (3) A model example non - example appropriately used in produci ng learning text explanation compelex in class XI student of SMAN 17 Bandu ng. The research method th at I use is a quasi - experimental/ quasi - experimental techniques literature research, tests and analysis. The results of his research as follows. 1. The author is able to carry out learning produces text explanation complex by using the model example non - example in class XI student of SMAN 17 Bandung. This is evident from the results of assessment planning and implementation of learning reached 3.68. Planning and implementation of learning that has been implemented can be ex pressed Good (B), so the authors con sidered to successfully execute learning produces text explanation complex by using the model example non - example. 2. Students in class XI SMA Negeri 17 Bandung is able to follow the learning producing text explanation com plex by using the model example non - example. It is evident from the average value of 2.35 pretest and posttest average value of 3.11. The increase of 0.76. 3. Model example non - example appropriately used in producing learning text explanation complex . This i s evident from the results of statistical calculations with the results thitung 12.5, ttable of 2,056 at 95% confidence level, and the degrees of freedom of 26. That is, the authors conclude that all hypotheses were formulated acceptable. Keywords: Model E xample Non - Example, P roduce , Text Explanatory C omplex .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 14:54 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 17:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12373 |
Actions (login required)
View Item |