ARIF BUDI SANTOSO, 125030003 (2016) PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN TEKS CERITA PENDEK DENGAN CERITA ULANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMK NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016 /2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) | Preview |
Abstract
Membaca adalah suatu proses ya ng dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis. Menulis merupakan sa - lah satu kete rampilan berbahasa. Menganalisis adalah salah satu kegiata n yang melibat - kan proses membaca . M etode pembelajaran Inkuiri adalah salah satu model pembelajaran bahasa yang dapat diterapkan untuk membina dan melatih siswa untuk aktif dalam ber - tanya . Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian de - n gan j udul “Pembelajaran Membandingkan Teks Cerita Pendek dengan Teks Cerita Ulang dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas XI SMK Nasional Ban - dung Tahun Pelajaran 201 6 /201 7 ”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis melaksa na - kan pembelajaran membandingkan teks cerita pendek dengan teks cerita ulang dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas XI SMK Nasional Bandung ? ; (2) Mampu - kah siswa kelas XI SMK Nasional Bandung membandingkan teks cerita pendek dengan teks cerita ulang dengan menggunakan metode inkuiri ? ; dan (3) Tepatkah m etode inkuiri digu - nakan dalam pembelajaran membandingkan teks cerita pendek dengan teks cerita ulang pada siswa kelas XI SMK Nasional Bandung ? Hipotesis yang pen ulis rumuskan adalah s ebagai berikut. (1) Penulis mam pu me - laksanakan kegiatan pembelajara n membandingkan teks cerita pendek dengan teks cerita ulang dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas XI SMK Nasional Bandung . (2) Siswa ke las XI SMK Nasional Bandung mampu membandingkan teks cerita pendek dengan teks cerita ulang dengan menggunakan metode inkuiri . (3) M etode inkuiri tepat digunakan dalam pembelajaran membandingkan teks cerita pendek dengan teks cerita ulang pada siswa kelas XI SMK Nasi onal Bandung . Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah dilakukan, penulis me nyim - pulkan hal - hal sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran membandingkan teks cerita pendek de - ngan teks cerita ulang dengan menggunakan metode pada siswa kelas XI SMK Nasional Bandung . Hal ini dibuktikan dengan hasil yan g diperoleh penulis dalam persi apan dan pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan nilai 3, 72 dan termasuk pada kategori baik sekali. 2. Siswa kelas XI SMK Nasional Bandung mampu membandingkan teks cerita pendek dengan teks cerita ulang dengan menggunakan metode inkuiri . Hal ini terbukti dari hasil nilai rata - rata pretes sebesar 1 , 2 dan nilai rata - rata postes sebesar 3 , 3 . Sehingga selisih nilai rata - rata pretes dan postes yaitu sebesar 2,05 . 3. M e tode inkuiri tepat digunakan dalam pembelajaran membandingkan teks cerita pendek dengan teks cerita ulang . Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 35 , 34 , t tabel sebesar 2,0 6 pada tingkat ke percayaan 95%, dan db sebesar 27 . Dengan demikian, penulis menyimp ulkan pembelajaran membandingkan teks cerita pendek dengan teks cerita ulang dengan menggunakan metode inkuiri me nunjukkan keberhasilan. Kata Kunci: Pembelajaran, Membandingkan , Teks Cerita Pendek , Teks Cerita Ulang, M etode inkuiri .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 14:47 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 17:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12366 |
Actions (login required)
View Item |