PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE WORD INDUCTIVE DI KELAS XI SMK NEGERI 14 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ARI RIZKI NUGRAH, 125030159 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE WORD INDUCTIVE DI KELAS XI SMK NEGERI 14 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Memproduksi teks eksplanasi kompleks merupakan proses menghasilkan atau mengeluarkan hasil berupa sebuah karya berbentuk tulisan berupa teks yang berisi tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau fenomena tertentu . Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks adalah model picture word inductive . Model ini merupakan model pembelajaran . Model ini difokuskan untuk mengembangkan keterampilan membaca dan menulis berdasarkan gambar . Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) m ampukah penulis merencan akan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model picture word inductive pada peserta didik kelas XI SMKN 14 Bandung? (2) m a mpukah peserta didik kelas XI SMKN 14 Bandung memproduksi teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur teks, ciri kebahas aan, dan kaidah penulisan? (3) e fektifkah pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks menggunakan model picture word inductive pada peserta didik SMKN 14 Bandung Tahun ajaran 2015 - 2016 ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks , untuk mengetahui kemampua n peserta didik kelas XI semester 2 dalam memproduksi teks eksplanasi kompleks , dan un t uk menguji keefektifan model picture word inductive dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada siswa Kelas XI SMK Negeri 14 Bandung. Hipotesis yang penulis ajukan adalah (1) p enulis mampu merencanakan, melak - sanakan, dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model picture word inductive pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 14 Bandung. (2) Peserta didik kelas XI SMK Negeri 14 Bandung tahun ajaran 2015/2016 mampu memproduksi teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur teks, ciri kebahas aan, dan kaidah penulisan. (3) M odel picture word inductive efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksp lanasi kompleks pada peserta didik SMK Negeri 14 Bandung tahun ajaran 2015/2016 . Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eks perimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, tes dan anali sis. Adapun hasil yang didapatkan penulis dari penelitian tersebut adalah sebagai berikut. 1. P enulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model picture word inductive pada peserta didik SMK Negeri 14 Bandung . Hal tersebut terbukti dari perolehan nilai rata - rata penulis yang diberikan guru Bahasa Indonesia SMK Negeri 14 Bandung, yaitu 3,82 . Nilai tersebut termasuk kriteria baik sekali. 2. Peseta didik kelas XI SMK Negeri 1 4 Bandung tahun ajaran 2015/2016 mampu memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model picture word inductive . Hal ini dapat dilihat dari peni ngkatan belajar dengan nilai pre tes lebih besar dari nilai pra tes yakni 74,7 ≥ 47,5 . 3. Model picture word inductive efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan pembuktian hasil perhitungan statistik d an taraf signifikansi prates dan pasca tes, yaitu diketahui t hitung > t tabel, yaitu 7,85 > 2,06 p ada tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 24 . Berdasarkan fakta - fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan model picture word inductive t erbukti efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks . Teknik i ni d apat melatih kemampuan belajar siswa untuk hasil yang lebih baik dan membuat siswa lebih aktif dalam belajar. Kata kunci: Memproduksi teks eksplanasi kompleks , model picture word inductive .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2016 19:36
Last Modified: 22 Sep 2016 18:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item View Item