PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMAN 5 SUKABUMI

DINI MARDIYANI, NPM. 148060008 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMAN 5 SUKABUMI. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel (Dini Mardiyani - 148060008).docx

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah serta disposisi matematis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Desain pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes dan non-tes. Instrumen tes terdiri dari tes pemahaman dan pemecahan masalah matematis. Instrumen non-tes berupa skala disposisi matematis, lembar observasi, dan wawancara. Data tes kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh dari pretes, postes, dan N_gain. Analisis secara kuantitatif dilakukan terhadap data tes pemahaman dan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan taraf signifikan  = 0,05. Berdasarkan deskripsi data, analisa data, dan pengujian hipotesis, dapat ditarik kesimpulan: 1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran saintifik dengan siswa yang mendapat pembelajaran langsung dan berdasarkan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah); 2) tidak terdapat efek interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; 3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran saintifik dengan siswa yang mendapat pembelajaran langsung berdasarkan kemampuan awal matematika siswa tinggi; 4) tidak terdapat efek interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap pemecahan masalah matematis siswa; 5) Hasil analisis skala disposisi matematis siswa secara umum menunjukkan bahwa siswa kelompok eksperimen menunjukkan disposisi matematis yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Selain itu, respon siswa dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap setiap item kemampuan disposisi matematis bernilai positif. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik; Kemampuan Pemahaman; Kemampuan Pemecahan Masalah; dan Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Sep 2016 13:11
Last Modified: 15 Sep 2016 13:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11994

Actions (login required)

View Item View Item