GITA RAVIESTA PUTR, 125050035 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUA N KOMUNIKASI MATEMATIS YANG BERDAMPAK PADA SIKAP SISWA MADRASAH ALIYAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover&Lembar Pengesahan asli.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah model pembe lajaran yang digunakan Kurangnya upaya penerapan dalam pengem bangan kemampuan komunikasi matematis siswa boleh jadi disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang tidak efektif sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut tidak tercapai. Oleh sebab itu perlu diadakan pembenahan dalam kegiatan pembelajaran matematika, salah satunya dapat dimulai dari pembenahan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, antara lain dengan menggunakan suatu model pembelajaran yang mampu meningk atkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikas i matematis siswa adalah pembelajaran Everyone is Teacher Here . Berdasarkan metodenya p enelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA N 1 Bandung . Adapun sampel dalam penel itian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian soal - soal kemampuan komunikasi matematis . Sedangkan s k ala sikap menggunakan model Skala Likert yang berisikan pernyataan - pernyataan siswa mengenai pelajaran matematika, pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Everyone is Teacher Here dan soal - soal kemampuan komunikasi matemati s . Tes diujicobak an terlebih dahulu . Dari hasil uji coba tersebut, diperoleh hasil validitas sedang , reliabilitas yang berkategori sedang , indeks kesukaran yang sedang dan s ukar, serta daya pembedanya baik dan cukup . Berdasarkan hasil ujicoba tersebut, semua soal dipakai untuk penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 18 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . Berdasarkan analisis data hasil penelitian , d iperoleh kesimpulan bahwa: peningkatan kemampuan komunikasi matemati s siswa yang memperoleh pembelajaran Everyone is Teacher Here lebih baik daripada s iswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pembelajaran biasa ; s ikap siswa terhadap pelajaran matematika, pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Everyone is Teacher Here , dan soal - soal kemampuan komunikasi matemati s pada umumnya positif. Solusi dari penelitian ini, diharapkan model pembelajaran Everyon e is Teacher Here dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, kendala yang dihadapi adalah dari segi waktu, dana dan siswa yang mungkin sedikit malas - malasan pada saat belajar, pada saat awal dimulai penelitian Kata Kunci : Komunikasi Matematis, Everyone is Teacher Here, Sikap
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 19:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 19:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11879 |
Actions (login required)
View Item |