PUTRI MARDEANA RAHAYU, 125020064 (2016) PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI K ELAS X DI SMA NEGERI 12 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah “PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO - VISUAL TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 12 BANDUNG”. (Studi Kasus Pada Kelas X IPS 2 Materi Ajar Bank, Lembaga Keuangan Bukan Bank, dan O toritas J asa K euangan ). Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana p enerapan media audio - visual di SMA Negeri 12 Bandung. 2) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran siswa dengan menggunakan media audio - visual di SMA Negri 12 bandung . 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media audio - visual terhadap pembelajaran siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 12 Bandung . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal. Teknik pen gumpulan data yang di gunakan yaitu studi pustaka, studi dokumentasi, angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, konversi data ordinal ke interval, uji normalitas data, uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi. Hipotesis penelitian berbun yi “Media audio visual berpengaruh positif terhadap pembelajaran siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 12 Bandung”. (Studi Kasus Pada Kelas X IPS 2 Materi Ajar Bank, Lembaga Keuangan Bukan Bank, dan O toritas J asa K euangan ) ”. Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara media audio visual terhadap pembelajaran siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 12 Bandung. Hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan regresi lini er sederhana bahwa terdapat 0,53 0 kenaikan ya ng positif karena penggunaan media audio visual, serta terdapat 41,8 % pengaruh media audio visual terhadap pembelajaran siswa dalam perhitungan koefisien determinasi. Hal ini menunjukan masih a da 58,2 % faktor atau variabel l ain yang dapat mempengaruhi pemb elajaran selain media audio visual . Kesimpulan berdasarkan bukti dan hasil penelitian di atas hipotesis penelitian dapat teruji. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran bagi peserta didik yang terbiasa pasif dalam kegiatan pembelajaran sebaikny a belajar membiasakan diri untuk dapat bekerja sama dan berperan aktif dalam kerja kelompok. Dengan berdiskusi dan saling membantu akan memudahkan siswa dalam menguasai materi pelajaran dan memecahkan masalah sehingga hasil belajar dapat meningkat. Bagi gu ru j ika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik yang salah satunya adalah pembelajaran menggunakan media audio visual yaitu pemutaran video yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan karena metode ini dapat membuat siswa aktif sehingga lebih termotivasi untuk belajar. Kata Kunci : Media Audio Visual, Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 18:08 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 18:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11723 |
Actions (login required)
View Item |