IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS KURIKULUM 2013

ANTI DHAMAYANTI FA UZI, 1 25040165 (2016) IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS KURIKULUM 2013. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrack INDONESIA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media animasi pada materi pencemaran lingkungan berbasis kurikulum 2013 . Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa jenjang SMA kelas X di SMAN Jatin angor dengan jumlah siswa kelas X - 8 sebanyak 30 siswa. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One - Group Pretest - Postest Design . Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep siswa berupa soal - soal objektif berjumlah 15 soal yang disesuaikan dengan indicator pemahaman konsep dan indi k ator pembelajaran yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan media animasi . Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam menjawab soal - soal pada materi pencemaran lingkungan telah memenuhi indikator pemahaman yang dikembangkan dengan rata - rata persentase indi k ator kemampuan mengklasifikasikan objek menurut sifat - sifat tertentu sesuai dengan konsep 74.6%, indi k ator member contohdan non contoh dari konsep 93.3 %, indi k ator kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep 70.8%, dan indi k ator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah yang mendapat persentase terendah sebesar 60.8% . Hal ini dimungkinkan karena pada indi k ator ini si swa belum mampu menalar lebih lanjut terhadap masalah yang disajikan. Kemudian terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa setelah mendapat pembelajaran dengan menggunakan media animasi yang ditunjukkan melalui perbedaan selisih rata - rata skor pretest sebesar 2.53 dan skor post test sebesar 3.15 . Kesimpulan dari penelit ian ini yaitu terpenuhinya empat indicator pemahaman konsep yang dikembangkan serta media animasi dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: Media Animasi , Berbasis Kurikulum 2013, Pemahaman Konsep .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Sep 2016 15:44
Last Modified: 07 Sep 2016 15:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11710

Actions (login required)

View Item View Item