PENGGUNAAN PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI STRATEGIS DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIK SISWA

DEVIA NOPIAN ROHMAH, NPM. 138060101 (2016) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI STRATEGIS DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIK SISWA. Thesis(S2) thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
138060101_ DEVIA NOPIAN ROHMAH_ok.docx

Download (75kB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu terstruktur dimana kaitan antar konsepnya sangat erat. Untuk itu dibutuhkan pemahaman konsep dalam memformulasikan, merepresentasikan, serta menyelesaikan masalah. Kemampuan tersebut dinamakan sebagai kompetensi strategis. Padahal kenyataannya kompetensi strategis siswa masih kurang terutama dalam pembelajaran matematika. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi strategis matematik adalah pembelajaran IMPROVE. Selain itu, kecerdasan logis matematik menjadi salah satu faktor penunjang seseorang berpikir secara logis dalam memecahkan permasalahan dan melakukan perhitungan matematis. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran IMPROVE terhadap peningkatan kompetensi strategis matematik ditinjau berdasarkan kecerdasan logis matematik. Metode penelitian ini adalah Mixed Method tipe the embedded design. Populasinya semua siswa SMP PGRI Cicalengka. Sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas VII sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program Excel dan SPSS.. Berdasarkan analisis data hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Peningkatan kompetensi strategis matematik siswa yang menggunakan pembelajaran IMPROVE lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional ditinjau secara keseluruhan dan kecerdasan logis matematik (tinggi, sedang, rendah) (2) Aktivitas guru maupun siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran IMPROVE lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Kata kunci : Pembelajaran IMPROVE; Kompetensi Strategis Matematik; Kecerdasan Logis Matematik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Mar 2016 08:22
Last Modified: 21 Mar 2016 08:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item