PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

NENG SITI ROJIAH, 125050025 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan salah satu dari kemampuan siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses pembelajaran. Hal ini karena melalui komunikasi matematis siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematis secara lisan dan tulisan.Salah satu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui siswa yang bersikap positif terhadap model pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pasundan 2 Bandung dan sampel diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII D dan VIII E. Indikator kemampuan komunikasi matemtis yang digunakan dalam penelitian yaitu 1) mengorganisaikan dan mengkonsolidasi pemikiran matematika dan mengkomunikasikan kepada siswa lain, 2) mengekpresikan ide-ide matematika secara koheren dan jelas kepada siswa lain, guru, dan lainnya, 3) meningkatkan atau memperluas pengetahuan matematika siswa dengan cara memikirkan pemikiran dan strategi siswa lain, 4) menggunakan bahasa matematika secara tepat dalam berbagai ekpresi matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket skala sikap siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. Berdasarkan analisis data hasil penelitain menggunakan SPSS versi 22.0 for Windows, bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan angket yang diberikan pada kelas eksperimen, diperoleh informasi bahwa sikap siswa positif terhadap model pembeljaran Think Talk Write. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Kata Kunci : Think Talk Write, Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 06 Sep 2016 15:46
Last Modified: 06 Sep 2016 15:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11623

Actions (login required)

View Item View Item