PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SM

RIEZKIA SHOLEHAWAT, 125050106 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
(1) COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) ABSTRAK b.indo.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa Indonesia berdasarkan hasil penelitian PISA 2012 dan Hudiono (dalam Suwanto, 2015) . Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika bahwa sebagian besar siswa SMA Nasional Bandung mengalami kesulitan merepresentasikan masalah ke dal am bentuk gambar maupun simbol matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS ) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL); 2) mengetahui sikap siswa t erhadap pembelajaran metematika yang menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) . Me tode penelitian ini adalah eksperimen . P opulasi penelitian ini adalah si swa SMA Nasional Bandung dan sampelnya adalah siswa kelas X SMA Nasional Bandung yang dipilih secara acak. Instrumen yan g digunakan adala h tes tipe uraian dan skala sikap menggunakan skala Likert . Tes diujicobakan terlebi h dahulu di kelas XI. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipak ai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 23 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independen - Sampel T Test . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajara n Problem Based Learning (PBL); 2) Siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Oleh karena itu model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) da pat dijad ikan suatu alternatif bagi guru dalam mel aksanakan pembelajarannya untuk me nciptakan suasana belajar yang aktif, efektif , dan menyenangkan. Kata Kunci: Search, Solve, Create, and Share (SSCS) , Problem Based Learning (PBL) , Representasi Matematis, Sikap

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2016 14:44
Last Modified: 06 Sep 2016 14:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11596

Actions (login required)

View Item View Item