Perancangan SOP (Standard Operating Procedure) Keamanan Informasi Pada Layanan Gaji Berkala Berbasis ISO 27001 (Studi Kasus Di Sub Bidang Kepangkatan dan Pemberhentian Di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Tangerang)

RINA YUNINGSIH, 113040278 and Doddy Ferdiansyah, DS and Ferry Mulyanto, DS (2016) Perancangan SOP (Standard Operating Procedure) Keamanan Informasi Pada Layanan Gaji Berkala Berbasis ISO 27001 (Studi Kasus Di Sub Bidang Kepangkatan dan Pemberhentian Di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Tangerang). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover_113040278.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak _113040278.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1_113040278.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Tangerang merupakan salah satu instansi pemerintahan yang melaksanakan urusan pemerintahan daerah dalam penyusunan dan pelasanaan kebijakan daerah bidang kepegawaian. Salah satu bidang kepegawaiannya yaitu memberikan layanan kenaikan gaji berkala kepada pegawai negeri sipil yang telah memenuhi persyaratan. Latar belakang dari penelitian tugas akhir ini adalah untuk mengetahui keamanan informasi yang ada dilayanan kenaikan gaji berkala dan melakukan penilaian terhadap keamanannya sehingga bisa memberikan peluang pembuatan atau perbaikan yang dilakukan terhadap keamanan informasi yang ada di organisasi. Penilaian keamanan informasi pada layanan kenaikan gaji berkala yang berbasis ISO 27001 yang mengidentifikasikan penilaian terhadap tiga aspek yaitu confidentiality, integrity dan availability. Untuk mengetahui nilai resiko yang ada dalam penelitian ini ada beberapa tahapan yang dilakukan yaitu identifikasi aset, identifikasi kelemahan, dampak dan kecenderungan yang nantinya akan menghasilkan nilai inherent risk dan membuat risk register. Setelah semua tahapan selesai maka dapat ditentukan kontrol-kontrol yang akan menjadi bahan pembuatan standard operating prosedure. Hasil akhir dari oenelitian ini adalah memberikan rekomendasi perancangan standard operating prosedure (SOP) keamanan informasi pada layanan kenaikan gaji berkala. Kata Kunci: Confidentiality, Integrity, Availability, Keamanan, Iso 27001, Standard Operating Procedure, Inherent Risk, Risk Register

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 05 Sep 2016 18:06
Last Modified: 05 Sep 2016 18:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11520

Actions (login required)

View Item View Item