PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAl

PUTRI RIDHA FERNANDA, 125060087 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAl. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan unt uk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi masalahsosial di lingkungansetempat pad a siswa kelas IV SDN Rancaating 01 dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning . Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Rancaating 01 Kabupaten Bandung. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus , setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan . Subjek penelitia n sebanyak 19 orang yang terdir i dari 9 siswa laki - laki dan 10 siswa perempuan. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat kategori sa ngat baik untuk motivasibelajar yang ditunjukkan dan 80% dari jumlah siswa mendap atkan nilai di atas KKM yaitu 65 . Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang d itetapkan. Pada siklus 1 motivasi belajar siswa mencapai 55 , 5 % dan p ada siklus I I mengalami peningkatan yaitu seb anyak 8 8 , 8 % . Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Pada siklus I persentas e siswa yang tuntas sebesar 42,10 % dan p ada siklus II men galami peningkatan sebanyak 100% . Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang p ositif terhadap pembelajaran IPS dengan menerapkan model Discovery Learning , karena m odel Discovery Learning ini berpusat pada siswa dimana siswa dapat mengemba n gkan pengetahuan berpikir yang telah mereka miliki maupun pengetahuan baru untuk memahami masalah dalam kehidupa n nyata yang diaplikasikan denga n pembelajaran yang berlangsung . Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran IPS dap at meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi masalahsosial di lingkungansetempat di kelas IV SDN Rancaating 01 Kabupaten Bandung . Kata Kunci: model Discovery Learning , motivasibelajar , hasil belajar, pembelajaran IPS .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 19:25
Last Modified: 05 Sep 2016 19:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11516

Actions (login required)

View Item View Item