KRISTIAN SINAGA, 125030062 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS BERDASARKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS X I SM K N 1 0 BANDUNG TAHUN PEL AJARAN 2015 / 2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
dAftar pustaka.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Teks eksplanasi kompleks adalah teks yang menjelaskan sesuatu hal yang berangkat dari fakta untuk kemudian menghasilkan kesimpulan umum. Metode inquiry adalah suat u cara pembelajaran yang siswa diminta untuk mencari dan menemukan masalah yang didapat di dalamnya. Sehubungan dengan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat dengan menggu nakan metode inquiry pada siswa kelas XI SMKN 10 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah: (1) M ampukah penulis melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat den gan menggunakan metode inquiry pada siswa kelas XI SMKN 10 Bandung. ?; (2) M ampukah siswa kelas X I SM KN 1 0 Bandung memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat dengan menggunakan metode inquiry dengan tepat ?; (3) E fektifkah metode inquiry diterapkan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat pada siswa kelas XI SMKN 10 Bandung ? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat dengan menggunakan metode inquiry ; (2) kemampuan siswa kelas X I SM KN 1 0 Bandung dalam pembelajaran memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat ; (3) mengetahui k eefektifan metode inquiry dalam pembelajaran memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat pada siswa kelas X I S MKN 1 0 Bandung. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Adapun hasil penelitian berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan: (1) Penulis mampu mengajarkan pembelajaran memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat dengan menggunakan metode inquiry pada siswa kelas XI SMKN 10 Bandung . Hal ini dibuktikan dengan nilai ya ng diperoleh penulis sebesar 3, 6 5 dan termasuk kategori sangat baik. (2) siswa kelas X I SM KN 1 0 Bandung mampu memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat dengan men ggunakan metode inquiry . Hal ini dibuktikan dari ha sil pretest dengan rata - rata 49 dan setelah mengikuti posttest mencapai 7 7 , 09 . Berarti menunjukkan adan ya peningkatan skor sebesar 2 8 , 09 (3) Metode inquiry efektif digunakan untuk pembelajaran memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat . Hal ini dibuktikan dari hasil analisis perbedaan antara pretest dan posttest berdasarkan perhitungan statistik dengan uji coba t diperoleh t hitung > dari t tabel yait u 13,44 > 2,0 7 . Dari hasil pengh itungan tersebut , dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai siswa antara pretest dan posttest memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat pada siswa kelas X I SM KN 1 0 Bandung. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa metode inquiry ini tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplansi kompleks berdasarkan hubungan sebab akibat pada siswa kelas X I SM KN 1 0 Bandung k arena dapat melatih siswa untuk meningkatkan cara b elajar menuju belajar lebih baik khususnya pada saat memproduksi teks eksplanasi . Kata Kunci : Inquiry , Memproduksi , T eks Eksplanasi Kompleks
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 17:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 17:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11474 |
Actions (login required)
View Item |