PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI MATA UANG

ISTIQOMAH ICHSANI, 125060232 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI MATA UANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing pada pembelajaran IPS pokok bahasan mata uang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Cijagra II dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model koopertif tipe snowball throwing. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran koopertif tipe snowball throwing yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari hasil tes belajar.. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 67,5, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 73,5. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model koopertif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan mata uang di kelas III SDN Cijagra II. Dengan demikian, penggunaan model koopertif tipe snowball throwing.dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: koopertif tipe snowball throwing, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:23
Last Modified: 05 Sep 2016 15:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11446

Actions (login required)

View Item View Item