PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Siti Nurul Purwati, 125060255 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN ACC.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran IPS pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Citepus dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan kerjasamanya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus 1 yaitu 54, 98 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 68, 60. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 64, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 73. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN Citepus. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: problem based learning, kerjasama, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:17
Last Modified: 05 Sep 2016 15:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11437

Actions (login required)

View Item View Item