PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS Di SMA PGRI 1 Bandung )

Tryana Widyanti, 125020014 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS Di SMA PGRI 1 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA” (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dikelas X IIS SMA PGRI 1 Bandung), Dilatar belakangi oleh Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, yang didukung dengan masih rendahnya nilai rata-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Bertujuan untuk mengungkap tentang adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa, sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan teknik pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Situs penelitian di SMA PGRI 1 BANDUNG pada kelas eksperimen (X IIS 1) dan metode pembelajaran konvensional (ceramah) pada kelas kontrol (X IIS 2).Metode penelitian yang dipergunakan adalah bentuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil postest yang berbentuk essay. Hippotesis penelitian berbunyi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran cooperative tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengolahan /analisis data menggunakan tes, telaah pustaka, obsevasi. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 85,00 untuk kelas eksperimen, dan 75,63 untuk kelas kontrol. Teknik pengolahan /analisis data menggunakan rumus statistika uji normalitas, uji homogenitas dan uji t . Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t). Hal ini dapat dilihat dari selisih hasil pre test dan post test, untuk kelas eksperimen yaitu 46,41– 85,00 = 38,59 sedangkan untuk kelas kontrol yaitu 51,41- 75,63 = 24,22. Dari perhitungn diatas didapatkan t hitung i = 38,28 < t tabel = 2,75 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,005) maka Ho ditolak. Kesimpulan Hipotesis yang dirumuskan bahwa “Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa” dapat diterima, hal tersebut dibuktikan oleh uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Pengaruh diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TSTS ini adalah berpengaruh positif dan signifikan . Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada siswa, agar siswa selalu semangat dalam belajar ekonomi, kepada guru, agar model pembelajaran TSTS dijadikan alternative dalam memberikan pembelajaran, kepada sekolah, agar model pembelajaran TSTS ini cocok diterapkan di berbagai materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kepada penulis lain, agar peneliti selanjutnya menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS ) diterapkan pada materi lainnya, karena mengingat pada kesempatan ini peneliti hanya memberikan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) kepada siswa SMA kelas X dengan materi pokok sistem dan alat pembayaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS ), Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:01
Last Modified: 05 Sep 2016 15:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item