JUJU NURFITRI, 1 2 50500 69 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUA N KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SM A. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
8 ABSTRAK bahasa inggris.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan salah satu dari kemampuan siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses pembelajaran . Hal ini karena melalui komunikasi matematis siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematis secara lisan dan tulisan. Salah satu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Reciprocal Teac hing . Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Konvensional , dan untuk mengetahui siswa yang bersikap positif terhadap model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kela s X SM A Pasundan 2 Bandung dan sampel diambil sebanyak dua kela s yaitu kelas X - 5 dan X - 6 . Indikator kemampuan komunikasi matem a tis yang digunakan dalam penelitian yaitu 1) Menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika , 2) Menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik secara lisan atau tulisan dengan benda nyata, gambar grafik dan aljabar , 3) Menyatakan peristiwa sehari - hari dalam bahasa atau symbol matematika . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket skala sikap siswa terhadap pem belajaran menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching . Berdasarkan analisis data hasil penelitain menggunakan SPSS versi 2 3 .0 for W indows , bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang mengg unakan pembelajaran Konvensional . Berdasarkan angket yang diberikan pada kelas eksperimen, diperoleh informasi bahwa sikap siswa positif terhadap model pembel a jaran Reciprocal Teaching . Oleh karena itu, pembelajaran dengan men ggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Kata Kunci : Reciprocal Teaching , Komunikasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 15:53 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 15:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11414 |
Actions (login required)
View Item |