WILIA KAMILAWATI, 125030135 (2016) PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI MAKNA TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPANDING PANEL PADA SISWA KELAS XI SMA NUGRAHA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAAK - INDONESIA dan ENGLISH.............pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
Menginterpretasi teks eksplanasi kompleks adalah kegiatan menafsirkan makna yang terkandung pada teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagai-mana fenomena-fenomena dapat terjadi. Model expanding panel adalah model pembelajaran yang memberi siswa kesempatan untuk menggali, mengklasifi-kasikan persoalan sembari tetap bisa berpartisipasi aktif dengan seluruh siswa. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks dengan model expanding panel pada siswa kelas XI SMA Nugraha Bandung?; (2) mampukah siswa kelas XI SMA Nugraha melaksanakan pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks berdasarkan isi, struktur, dan kata teknis/istilah dengan tepat?; (3) efektifkah model expanding panel dite-rapkan dalam pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA Nugraha Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan adalah (1) penulis mampu merencana-kan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks menggunakan model expanding panel pada siswa kelas XI SMA Nug-raha; (2) siswa kelas XI SMA Nugraha mampu mengikuti pembelajaran meng-interpretasi teks eksplanasi kompleks berdasarkan isi, struktur, dan kata teknis-/istilah yang terdapat pada teks; (3) penggunaan model expanding panel efektif digunakan untuk siswa kelas XI SMA Nugraha dalam pembelajaran menginter-pretasi teks eksplanasi kompleks. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Eksperimen Semu dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun sim-pulannya sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran meng-interpretasi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model expanding panel pada siswa kelas XI SMA Nugraha Bandung. Hasil rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,60. Siswa kelas XI MIA SMA Nugraha Bandung mampu menginterpretasi teks ekplanasi kompleks. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 51,07 dan nilai rata-rata postes sebesar 81,43, selisih pretes dan postes yaitu sebesar 30,36. Metode expanding panel efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpre-tasi teks eksplanasi kompleks. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik menunjukkan t_hitung > t_tabel, yakni 9,95 > 2,05 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 27. Hal ini membuktikan bahwa metode expanding panel efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: Pembelajaran, menginterpretasi, teks eksplanasi kompleks, expanding panel
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 14:54 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 14:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11413 |
Actions (login required)
View Item |