PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIFE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub Pokok Bahasan Manajemen Di Kelas X IIS E Sma Angkasa Bandung)

ARI PRIATNA SULAEMAN, 125050054 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIFE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub Pokok Bahasan Manajemen Di Kelas X IIS E Sma Angkasa Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrac.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatife Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi sub Pokok Bahasan Manajemn di Kelas X IIS E SMA Angkasa Bandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah u ntuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan manajemen di kelas X IIS E SMA Angkasa Bandung , dan u ntuk mengetehaui sejauh mana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan manajemen di kelas X IIS E SMA Angkasa L a nud Husein Sastranegara Bandung , serta u ntuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap keaktifan si swa pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan manajemen. Metode yang digunakan dalam pe nelitian ini adalah survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS E SMA Angkasa Bandung yang berjumlah 38 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata - rata ( mean ) skor dengan bantuan SPSS rele ase 21.0 for Windows . Hasil penelitian rekapitulasi skor rata - rata tanggapan responden mengenai model pembelajaran cooperatife learning tipe think pair share sebesar 40,5 (81,24 %) sedangkan mengenai keaktifan belajar sebesar 4,10 (82,24%) , dengan d emikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap model pembelajaran kooperatif think pair share dan keaktifan belajar “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan model pembelajaran k ooperatif think pair share yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,688 %. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 68,8 % terhadap variabel Y dan sisanya 31,2 % dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 68,8 % disebabkan oleh indikator variabel X berupa ciri - ciri keaktifan belajar siswa , kriteria keaktifan belajar siswa, dan factor - faktor keaktifan belajar siswa . Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran b agi para praktisi atau peneliti lain di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan model pembelajaran dan metode yang berbeda agar diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya . Kata Kunci : Model Pembelajaran cooperatife learning tipe think pair share

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:15
Last Modified: 05 Sep 2016 14:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11393

Actions (login required)

View Item View Item