PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

AGNI IRMAYANI AKMALIA, 125040154 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstract.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Lerning dengan s trategi Numbered Heads Togethe r pada konsep perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah di SMA Kemala Bhayangkari Bandung. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kemala Bhayangkari Band ung dan sampelnya yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang di kelas X MIA 1 . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre - Experimental Design dengan desain One Group Pretest - Posttest . Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan gan da yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah di uji cobakan sebelumnya. Setelah dilakukan pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil perbedaan yang signifikan. B erdasarkan nilai rata - rata p ada pretest yaitu 38,08 sedangkan posttest yaitu 79,5 pada konsep perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah di SMA Kemala Bhayangkari Bandung. Dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Lerning dengan s trategi Numbered Heads Tog ether dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Be rdasarkan Indeks Gain yaitu 0,66 dapat ditarik kesimpulan kembali bahwa peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Lerning dengan s trategi Numbered Heads Together termasuk ke dalam kategori sedang. Kata Kunci : Problem Based Learning , Numbered Heads Together , Hasil B elajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:05
Last Modified: 05 Sep 2016 14:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11389

Actions (login required)

View Item View Item