PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CARA BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MASALAH – MASALAH SOSIAL

ENENG LITA NOVITASAR, 125060156 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CARA BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MASALAH – MASALAH SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover okee.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Astakrama Kecamatan P asirjambu Kabupaten Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas I V dengan jumlah 3 0 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajar an IP S yang kurang bermakna, masih menggunakan metode atau pendekatan secara tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terjadi satu arah, sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran karena siswa kurang aktif dan kreatif malah cenderung pasif. Dalam hal ini siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan menghafal saja terhadap materi pelajaran. Siswa kurang kerja sama dengan temannya untuk bertukar pikiran. Proses pembelajaran terasa membosankan dan hanya berpusat pada guru (techer centered) yang berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IP S materi Masalah-masalah sosial melalui model pembelajaran Problem Based Learning . Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri 2 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh cara berpikir kritis siswa dan hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh dan yang menunjukkan adanaya peningkatan hasil belajar dan hasil tes yaitu pada pembelajaran siklus I sebesar 67% pada siklus I menjadi 8 7% pada siklus I I serta cara berpikir kritis siswa pada siklus I hanya 70% menjadi 85%. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran IP S maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah – masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:22
Last Modified: 05 Sep 2016 14:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11386

Actions (login required)

View Item View Item