NOVI KARTIANI, 125030048 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ULASAN FILM BERORIENTASI PADA PERWATAKAN TOKOH DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DYADIC ESSAY PADA SISWA KELAS XI SMAN 12 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Memproduksi dalam Kurikulum 2013 merupakan keterampilan menulis. Me-nulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomu-nikasi secara tidak langsung. Teknik dyadic essay merupakan teknik menulis esai berpasangan, yang menekankan siswa untuk bekerja sama bersama teman. Oleh ka-rena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran mem-produksi teks ulasan film berorientasi pada perwatakan tokoh dengan menggunakan teknik dyadic essay pada siswa kelas XI SMAN 12 Bandung tahun pelajaran 2015/ 2016. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Mampukah penulis meren-canakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks ulasan film berorientasi pada perwatakan tokoh dengan menggunakan teknik dyadic essay pada peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandung?; 2) Mampukah peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandung memproduksi teks ulasan film berorientasi pada perwatakan tokoh?; 3) Efektifkah teknik dyadic essay digunakan dalam pembelajaran mempro-duksi teks ulasan film berorientasi pada perwatakan tokoh pada peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampu-an penulis, dan peserta didik, serta keefektifan teknik dyadic essay. Hipotesis yang penulis rumuskan adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks ulasan film berorientasi pada perwatakan tokoh dengan menggunakan teknik dyadic essay pada peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandung; 2) Peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandung mampu memproduksi teks ulasan film berorientasi pada perwatakan tokoh; 3) Teknik dyadic essay efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film berorientasi pada perwatakan tokoh pada peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre-eksperimen jenis one group pretest posttest design dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksa-nakan, dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks ulasan film berorientasi pada perwatakan tokoh dengan menggunakan teknik dyadic essay pada peserta di-dik kelas XI SMAN 12 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata perenca-naan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,67 dan terma-suk ke dalam kategori sangat baik (A); 2) Siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 12 Ban-dung mampu memproduksi teks ulasan film berorientasi pada perwatakan tokoh. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 56,65 dan nilai rata-rata postes 95,24 atau peningkatan sebesar 12,86%; 3) Teknik dyadic essay efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film berorientasi pada perwatakan tokoh. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik t hitung ≥ t tabel yaitu 22,1 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95 % dengan taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan teknik dyadic essay efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film berorientasi pada perwatakan tokoh pada siswa kelas XI SMAN 12 Bandung. Kata Kunci: Memproduksi, teks ulasan film, perwatakan tokoh, teknik dyadic essay.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 13:56 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 13:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11379 |
Actions (login required)
View Item |