PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGESTOPEDIA PADA SISWA KELAS X SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NINIK PURWASIH, 125030030 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGESTOPEDIA PADA SISWA KELAS X SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (253kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Teks negosiasi adalah teks yang berisi tentang proses tawar menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dan pihak yang lain. Teks tersebut memuat struktur teks berupa orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup. Metode sugestopedia adalah metode penerapan yang mengajak siswa untuk lebih santai dan rileks dalam mengikuti pembelajaran tanpa adanya rasa terpaksa dalam dirinya. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran memproduksi teks negosiasi dengan menggunakan metode sugestopedia pada siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah yang penulis ajukan sebagai berikut; 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pem-belajaran memproduksi teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung? 2) Mampukah siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik struktur teks negosiasi? 3) Efektifkah metode sugestopedia diterapkan dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan keefektifan metode sugestopedia dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi dengan menggunakan metode sugestopedia pada siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung, 2) siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung mampu memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik struktur teks negosiasi, 3) metode sugestopedia efektif digunakan dalam pembelajaran mem-produksi teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre-experimental dengan teknik penelitian telaah pustaka, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,8 dan pelaksanaan sebesar 3,8. 2. Siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung mampu memproduksi teks negosiasi yang koheren sesusai dengan karakteristik struktur teks negosiasi. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes, yaitu 50,92 dan nilai rata-rata postes yaitu 80. Dengan selisih antara postes dan pretes sebesar 29,08. 3. Metode sugestopedia efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi pada siswa kelas kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 10,66 >ttabel 2,34 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan pembelajaran yang penulis lakukan berhasil. Kata kunci: memproduksi, teks negosiasi, metode sugestopedia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:13
Last Modified: 05 Sep 2016 13:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11305

Actions (login required)

View Item View Item