PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SM

AJENG DWI NUGRAHAN, 12 5050029 (2016) PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER (1).pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar Isi (1).pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematik siswa SMA dinilai masih rendah, sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui apakah peningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran mengguna kan model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model konvensional; 2) Mengetahui apakah sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematik menggunakan model Contextual Teaching and Lear ning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pokok bahasan turunan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung dengan sampel dua kelas yang diambil secara acak, satu kelas eksperimen dengan menggunakan m odel Contextual Teaching and Learning (CTL) dan satu kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Data diperol eh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi m atematis melalui pretes dan postes. Sedangkan instrumen non - test berupa angket skala sikap dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 22.0 for W indows . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan siswa bersikap positif terhadap penggunaan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika. Sehingga pembelajaran dengan pen d ekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan susana belajar yang aktif, efektif, dan menyenangkan. Kat a Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis , Contextual Teaching and Learning (CTL

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:40
Last Modified: 05 Sep 2016 13:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11300

Actions (login required)

View Item View Item