AJENG DWI NUGRAHAN, 12 5050029 (2016) PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
COVER (1).pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
daftar Isi (1).pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematik siswa SMA dinilai masih rendah, sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui apakah peningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran mengguna kan model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model konvensional; 2) Mengetahui apakah sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematik menggunakan model Contextual Teaching and Lear ning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pokok bahasan turunan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung dengan sampel dua kelas yang diambil secara acak, satu kelas eksperimen dengan menggunakan m odel Contextual Teaching and Learning (CTL) dan satu kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Data diperol eh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi m atematis melalui pretes dan postes. Sedangkan instrumen non - test berupa angket skala sikap dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 22.0 for W indows . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan siswa bersikap positif terhadap penggunaan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika. Sehingga pembelajaran dengan pen d ekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan susana belajar yang aktif, efektif, dan menyenangkan. Kat a Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis , Contextual Teaching and Learning (CTL
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 13:40 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 13:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11300 |
Actions (login required)
View Item |