PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X DI SMK NEGERI 14 BANDUNG

Asep Winata, 125020029 (2016) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X DI SMK NEGERI 14 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAGIAN PEMBUKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN PENUTUP.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X Di SMK Negeri 14 Bandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran budidaya dan wirausaha tanaman hias dalam mata pelajaran kewirausahaan di kelas X DKV 2 SMK Negeri 14 Bandung, dan untuk mengetahui sejauh mana minat belajar siswa pada pembelajaran budidaya dan wirausaha tanaman hias dalam mata pelajaran kewirausahaan di kelas X DKV 2 SMK Negeri 14 Bandung, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran budidaya dan wirausaha tanaman hias dalam mata pelajaran kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DKV 2 SMK Negeri 14 Bandung yang berjumlah 21 siswa. Analisis data yang digunakan adalah verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai penerapan pendekatan saintifik sebesar 4,18 (84%) sedangkan mengenai minat belajar sebesar 4,24 (85%), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap penerapan pendekatan saintifik dan minat belajar “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan pendekatan saintifik yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,596%. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 59,6% terhadap variabel Y dan sisanya 40,4% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 59,6% disebabkan oleh indikator variabel X berupa kriteria pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan komponen langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran jika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakter pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi pengajaran pembelajaran yang menuntut siswa aktif dan menarik karena dengan cara ini dapat membuat siswa lebih berminat untuk belajar dan meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Penerapan Pendekatan Saintifik dan Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:17
Last Modified: 05 Sep 2016 13:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11244

Actions (login required)

View Item View Item