RISKA RAHAYU OKTAVIANI, 125060228 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI KOPERASI ( Penelitian Tindakan Kelas pada Di Kelas IV SD Negeri Gentra Masekdas caswxzcKecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Indonesia.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Inggris.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengangkat judul Meningkatkan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Gentra Masekdas Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 37 orang. Kemampuan menguasai materi yang masih rendah terhadap mata pelajaran IPS mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dari permasalahan di atas, fokus penelitian yaitu penerapan model pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian yang dilakukan adalah PTK (Action Research Class Room) penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri atas beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Observasi, Silabus, Pretest dan Post Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing di kelas IV SDN Gentra Masekdas Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung Tahun Ajaran 2015/2016 dapat meningkatkan hasil belajar secara optimal. Hal ini terbukti dari perolehan nilai setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I pre-test 13,5 % dan post-test 51,4%. Pada siklus II menjadi pre-test 18,9% dan post-test 94,6% Kata kunci : model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 17:17 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 17:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11204 |
Actions (login required)
View Item |