PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEAKIFAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS C DI SMA ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA (SUB POKOK BAHASAN KOPERASI)

Agung Arief Prahmanto, 125020058 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEAKIFAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS C DI SMA ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA (SUB POKOK BAHASAN KOPERASI). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover agung.pdf

Download (105kB)
[img] Text
ABSTRAK Agung.pdf

Download (193kB)
[img] Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (10kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR agung.pdf

Download (222kB)
[img] Text
bab 1 jadi agung.pdf

Download (319kB)
[img] Text
bab 2 jadi agung.pdf

Download (396kB)
[img] Text
1 DAFTAR ISI AGUNG.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA AGUNG.pdf

Download (96kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS C Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung Sub Pokok Bahasan Koperasi. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif picure and picture pada pelajaran ekonomi sub pokok bahasan koprasi di SMA Angkasa Lanud Husein Sastrangara kelas X IIS C, bagaimana keaktifan siswa pada pelajaran ekonomi di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara kelas X IIS C, berapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif picture and picture terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan koperasi di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara kelas X IIS C. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X IIS C SMA Angkasa Bandung. Adapun objek penelitiannya dilakukan di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung pada tahun ajaran 2015-2016 yang beralamat di Jalan Lettu Subagio No. 22 Telp. (022) 6040654 Bandung. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X IIS C di SMA Angkasa Bandung yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah assosiatif kausal. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows. Dengan teknik pengujian hipotesis yaitu koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif Picture and Picture pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS C tergolong baik. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai model pembelajaran kooperatif picture and picture sebesar 4,03 (80,3%) sedangkan mengenai keaktifan belajar siswa sebesar 3,99 (79.8%), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap model pembelajaran kooperatif picture and picture dan keaktifan belajar siswa “Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian menunjukan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 17,3%. Hal ini dinyatakan variabel X dan variabel Y mempunyai pengaruh sebesar 17,3% dan sisanya 82,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 17,3% disebabkan oleh indikator variabel X. Sebagai akhir penelitian penulis menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Picture and Picture berpengaruh terhadap keaktifan siswa, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik seperti pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture yaitu gambar-menarik menarik yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan karena metode ini dapat membuat siswa aktif sehingga lebih termotivasi untuk belajar. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif Picture and picture, keaktifan belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:38
Last Modified: 05 Sep 2016 13:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item