MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Sugianto, NPM. 128612008 (2016) MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Sugianto.docx

Download (361kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mix method dan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul meningkatkan komunikasi matematis dan berpikir kritis serta dampaknya terhadap motivasi berprestasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning di sekolah menengah atas. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) meningkatkan kemampuan komunikasi matematis; 2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis; dan 3) meningkatkan motivasi berprestasi. Penelitian ini adalah penelitian mix method desain embedded design dan PTK yang terdiri atas 4 (empat) siklus, masing-masing siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMA YADIKA Kedawung Kab. Cirebon tahun pelajaran 2015/2016 yaitu siswa semester II kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes yaitu 5 soal tes kemampuan komunikasi matematis dan 6 soal tes kemampuan berpikir kritis serta instrumen non tes berupa angket skala motivasi berprestasi, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan problem based learning lebih baik daripada mahasiswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) terdapat peningkatan berpikir kritis matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan problem based learning, peningkatannya berada pada kategori tinggi; 3) motivasi berprestasi siswa positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan problem based learning. Kata kunci : Pembelajaran matematika menggunakan problem based learning, kemampuan komunikasi matematis, dan berpikir kritis serta motivasi berprestasi siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:05
Last Modified: 05 Sep 2016 15:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11068

Actions (login required)

View Item View Item