JEFRI ESA MULTI, 125060167 (2016) MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV SDN Cimincrang Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1_Cover Skripsi.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA J.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS J.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I (1).pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II (1).pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
14_DAFTAR_PUSTAKA_jefri_esa.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul“Meningkatkan Sikap Kerja Samadan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw” dilatarbelakangi karena masih adanya permasalahan pembelajaran IPS khususnya dalam materi Perkembangan Teknologi dalam meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar yang ditunjukan oleh sumber belajar yang minim serta pada pembelajaran tersebut guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Hal ini dikarenakan masih kurangnya keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu kewaktu tidak berkembang Sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajarpun kurang maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model PTK Arikunto yang dilaksanakan dalam duasiklus. Setiap siklus terdiri dari bebera patindakan diantaranya perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Dalam hal ini untuk membangun sikap kerjasama antarsiswa dan meningkatkan hasil belajar peneliti menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Berdasarkan latarbelakang yang menjadi permasalahan dalam hal ini yaitu bagaimana penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw disusun dalam pembelajaran IPS agar aktifitas kerjasama dan hasil belajar siswakelas IV meningkat. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw padasiklus I menunjukan nilai sikap kerjasama dan hasil belajar yang memenuhi criteria ketuntasan minimal (KKM) pada kegiatanpre test, post test. Pada siklus II menunjukan nilai sikap kerjasamasiswa dan hasil belajar siswa yang telah memenuhi criteria ketuntasan minimal (KKM) pada kegiatanpre test dan post test. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi PerkembanganTeknologi di kelas IV SDN Cimincrang Kota Bandung, dan dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran KTSP.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 13:10 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 13:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11064 |
Actions (login required)
View Item |