PENERAPAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKR KRITIS MATEMATIS DAN SIKAP SISWA SM

Asri Agustina, 125050077 (2016) PENERAPAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKR KRITIS MATEMATIS DAN SIKAP SISWA SM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
7.2 abstrak bahasa inggris.pdf

Download (84kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
7.1 abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (205kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, DAN LAMPIRAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf

Download (288kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Asri” Penerapan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Sikap Siswa SMK”. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran yang sering dilakukan dalam kelas adalah pembelajaran konvensional, yang mengakibatkan siswa lebih banyak mendengarkan dan kurang aktif dalam mengemukakan pendapatnya, sehingga siswa tidak bisa mengoptimalka n kemampuan berpikir kritis matematisnya. Salah satu model pembelajaran yang mengkondisikan siswa aktif dan berpikir kritis adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis m atematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pemb elajaran kooperatif tipe Jigsaw, (3) Apakah terdapat k orelasi hubungan antara kemampuanberpikir kritis matematis dan sikap siswa. Masalah yang dibahas dibatasi mengenai Peluang. Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian non - equevalent control grup design, dimana pada desain ini sampel tidak dipili secara acak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 11 Bandung. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tipe uraian dan skala sikap. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kemampuan ( 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensial,(2) Sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe Jigsaw,(3) Tidak ada hubungan korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematik dan sikap siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:37
Last Modified: 05 Sep 2016 13:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10721

Actions (login required)

View Item View Item