PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN MEKARLAKSANA CIANJUR

NOVI BERLIANI GANISHA, 125060258 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN MEKARLAKSANA CIANJUR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning type make a match pada pembelajaran IPS pokok bahasan teknologi komunikasi dan transportasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mekarlaksana dan dilatar belakangi keadaan peserta didik yang kurang menunjukkan kerjasama di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model make a match. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran make a match.Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian kerjasama dan hasil observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari kerjasama dan hasil belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus I yaitu 56,10 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 76,7. Hasil belajar siklus I nilai rata-rata yaitu 67,5 dan hasil belajar siklus II nilai rata-rata yaitu 80,7. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model make a match dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS pokok bahasan teknologi komunikasi dan transportasi di kelas IV SDN Mekarlaksana. Dengan demikian, penggunaan model make a macth dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata Kunci :make a match, kerjasama, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:06
Last Modified: 05 Sep 2016 13:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10702

Actions (login required)

View Item View Item