M. GILANG AGUSTIAN NUGRAHA, 125050051 (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE ACCELERATED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.pdf Download (58kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (86kB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (128kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (15kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (526kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (142kB) |
Abstract
Rendahnya prestasi belajar matematika diduga disebabkan upaya pengembangan kemampuan koneksi di sekolah-sekolah jarang dilakukan, secara otomatis membuat keterampilan siswa yang berhubungan dengan disiplin ilmu lain sangat kurang. Kurangnya upaya penerapan dalam pengembangan kemampuan koneksi matematis siswa boleh jadi disesabkan oleh kegiatan pembelajaran yang kurang efektif sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa adalah metode Accelerated Learning. Berdasarkan metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Nasional Bandung tahun ajaran 2015-2016. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Nasional Bandung sebanyak dua kelas yang dipilh secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal-soal kemampuan koneksi matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan-pernyataan mengenai pelajaran matematika, metode Accelerated Learning, dan soal-soal kemampuan koneksi matematis. Tes diujicobakan terlebih dahulu di kelas VIII SMP Nasional Bandung. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipakai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program IMB SPSS Statistics 23 for Windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan metode Accelerated Learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, serta siswa bersikap positif terhadap penggunaan metode Accelerated Learning dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu metode Accelerated Learning dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci: Metode Accelerated Learning, Kemampuan Koneksi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 15:08 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 15:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10430 |
Actions (login required)
View Item |