PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA

Linda, NPM. 138060092 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
138060092_Linda_ok.docx

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah Project-Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan Project-Based Learning (PjBL) dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran Project-Based Learning (PjBL).. Metode penelitian ini adalah metode gabungan (mixed method) dengan Embedded design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Gunungputri Kabupaten Bogor, adapun sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model Pembelajaran Project-Based Learning dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran ekspositori. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman matematis, pedoman observasi, pedoman wawancara dan skala angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data tes awal, tes akhir, dan gain ternormalisasi kemampuan pemahaman matematis, serta terhadap data tes kedua kelompok dilakukan uji perbedaan rerata antara dua populasi dengan uji t. Analisis kualitatif dilakukan untuk menelaah aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran Project-Based Learning dan sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model Pembelajaran Project-Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Project-Based Learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori dan Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Project-Based Learning adalah positif. Kata kunci: Pembelajaran matematika menggunakan Project-Based Learning, pemahaman matematis siswa dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Mar 2016 05:59
Last Modified: 21 Mar 2016 07:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item