PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD Negeri ASMI Kota Bandung)

MEYDINA INDRIANI, 125060048 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD Negeri ASMI Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema aku bangga dengan daerah tempat tinggalku siswa kelas IV SD Negeri ASMI Kota Bandung . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Asmi Kota Bandung. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Neger i Asmi Kota Bandung sebanyak 25. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yakni setiap siklus terdiri dari 3 Pembelajaran. Metode pengumulan data yang digunakan adalah posttes dan non test berup a observasi/pengamatan. Teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik deskriptif persentase digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I dan II. Model yang digunakan adalah model project based learning , Hasil belajar s iswa menunjukkan nilai rerata pada siklus I aspek kognitif 79 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 80%, afektif 69,6 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 44% dan psikomotorik 68,8 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 48%. Pada siklus II atau terjadi pening katan nilai rerata kelas aspek kognitif sebesar 6,2 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 92%, afektif 13,3 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 100% dan psikomotorik 11,9 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 88%. Sikap cinta lingkungan sisa pada siklus I m encapai rata - rata sebesar 72,3 % dari 25 siswa, pada siklus II Peningkatan sikap cinta ligkumgan siswa pada subtema aku bangga dengan daerah tempat tingalku dari siklus I ke siklus II sebesar 16,7 % Hambatan penelitian, belum bisa meminimalisir waktu, siswa belum sepenuhnya memahami materi, siswa belum melaksanakan perannya dengan baik di lingkungan sekolah. Upaya mengatasi hambatan; Membuat kelompok dalam pengerjaan proyek, belajar secara kolaboratif dan koopertif serta, menjelaskan tata tertib lingkungan s ekolah. Berkaitan dengan penelitian ini hendaknya gurumengkaji model pembelajaran tersebut sehingga pelaksanaan sesuai yang diinginkan. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Project Based Learning, Hambatan Penelitian, Upaya mengatasi hambatan penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Sep 2016 13:53
Last Modified: 03 Sep 2016 13:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10319

Actions (login required)

View Item View Item