PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

JUNIARTI SARI, 125050001 (2016) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.rtf

Download (325kB)
[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (42kB)
[img] Text
ABSTRACT.rtf

Download (45kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (46kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan berpikir kritis matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika dan memecahkan masalah. Namun kemampuan berpikir kritis matematis siswa ternyata masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru jarang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah model Collaborative Problem Solving. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2015-2016. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian soal-soal kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan skala sikap yang menggunakan model skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan-pernyataan mengenai pembelajaran matematika, model pembelajaran Collaborative Problem Solving dan kemampuan berpikir kritis matematis. Tes diujicobakan terlebih dahulu di kelas VIII yang sudah memperoleh materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipakai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 18 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Collaborative Problem Solving lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa; siswa bersikap positif terhadap penggunaan model pembelajaran Collaborative Problem Solving dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu model pembelajaran Collaborative Problem Solving dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Model pembelajaran Collaborative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:08
Last Modified: 03 Sep 2016 15:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10317

Actions (login required)

View Item View Item