PE NE RAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATI S SISWA SMP

Frenti Purnama, 125050048 (2016) PE NE RAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATI S SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Frenti Purnama. Penerapan Model Brain Based Learning (BBL) dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah kurangnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa terhadap pembelajaran matematika sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis s iswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan bepikir kreatif matematis siswa yang mendapatk an pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dalam penerapan mode l Brain Based Learning (BBL). Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi da lam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margaasih tahun ajaran 2015 - 2016 . Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margaasih sebanyak dua kelas yang dipil i h secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan d alam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert . Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan mengenai pelajaran matematika, model pembelajaran Brain Based Learning (B BL) , dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Tes diujicobakan terlebih dahulu di kelas IX. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipak ai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 22 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajara n Brain Based Learning (BBL) lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori ; siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dalam penerapan model Brain Based Learning (BBL) . Oleh karena itu model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk me nciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis , Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:06
Last Modified: 03 Sep 2016 15:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10228

Actions (login required)

View Item View Item