PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TANJUNG MULYA 1 KECAMATAN PAKENJENG KABUPATEN GARUT.

ANISA FITRIA RAHMAWATI, 125060293 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TANJUNG MULYA 1 KECAMATAN PAKENJENG KABUPATEN GARUT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)

Abstract

Masalah yang terdapat dalam kelas peneliti yaitu hasil belajar siswa yang masih rendah, karena guru tidak menggunakan model pembelajaran dan guru jarang menggunakan alat peraga atau media pembelajaran IPA sehingga hasilnya, siswa kurang tertarik untuk belajar IPA. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model Project Based Learning yang bertujuan untuk melihat apakah kreativitas dan hasil belajar siswa materi energi dan penggunaannya kelas IV meningkat bila digunakan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di SDN Tanjung Mulya 1 Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut, dengan populasi siswa kelas IV berjumlah 20 siswa. Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teori Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentse kreativitas siswa kelas IV dengan rata-rata nilai siklus I sebesar 62 dikategorikan cukup dan siklus II sebesar 92 dikategorikan sangat baik. Selain itu pada siklus I siswa yang mencapai KKM 70 baru 10 orang atau 50% siswa dari 20 orang siswa, sedangkan pada siklus II yaitu 19 orang atau 95% siswa mencapai KKM 70 dari 20 orang siswa. Untuk perencanaan dan pelaksanakan tindakanpun mengalami peningkatan rata-rata , yaitu pada siklus I rencana pembelajaran 3,92 (sangat baik), pelaksanaan pembelajaran peneliti 3,82 (sangat baik), dan pelaksanaan pembelajaran siswa 3,94 (sangat baik). Pada siklus II rencana pembelajaran 3,6 (sangat baik), pelaksanaan pembelajaran peneliti 3,82 (sangat baik), dan pelaksanaan pembelajaran siswa 3,94 (sangat baik). Melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning yang digunakan pendidik sudah berhasil. Terbukti dengan adanya peningkatan persentase dan rata-rata pada setiap siklusnya. Kata kunci: Kreativitas, Hasil belajar dan model Project Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Sep 2016 15:20
Last Modified: 02 Sep 2016 15:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10120

Actions (login required)

View Item View Item