EDITING SEBAGAI SATU PEMBENTUK KARAKTER PROGRAM TV Studi Fenomenologi Program Variety Show The Comment Net TV di Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Pasundan

Algit Cakra Pratama, 122050092 (2016) EDITING SEBAGAI SATU PEMBENTUK KARAKTER PROGRAM TV Studi Fenomenologi Program Variety Show The Comment Net TV di Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Pasundan. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. COVER Algit revisi.docx

Download (134kB)
[img] Text
2. abstrak revisi.docx

Download (103kB)
[img] Text
3. abstrak inggris.docx

Download (87kB)
[img] Text
4. BAB I revisi.docx

Download (133kB)
[img] Text
5. Bab II revisi.docx

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Editing Sebagai Satu Pembentuk Karakter Program TV (Studi Fenomenologi Program Variety Show The Comment Net TV)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam mengenai program televisi yang baik dan bagaimana sebuah program televisi membentuk karakter sehingga program televisi tersebut dapat dikenal oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif - eksploratif, dimana peneliti berusaha mengumpulkan data, menggali, dan menginterpretasikan fenomena yang sedang berkembang dengan mengacu pada teori fenomenologi. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti berupa studi kepustakaan, studi lapangan yaitu berupa observasi, wawancara dan forum Focus Group Discussion (FGD). Peneliti melakukan Wawancara kepada narasumber – narasumber yang erat kaitannya dengan permasalahan yang diangkat, dalam hal ini adalah editor, produser, dan director. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa dalam pembentukan karakter program televisi dapat dilakukan melalui berbagai hal, termasuk melalui proses editing. The Comment cukup berhasil dengan bertahan selama tiga tahun, dapat dikatakan sukses dibandingkan dengan acara serupa yang pernah ada. Program acara The Comment memiliki dua unsur yang kuat, yaitu host program acara dan unsur visual yang kuat yaitu adanya unsur editing yang menonjol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah editing dapat dijadikan sebagai proses pembentukan karakter. Editor sebagai seseorang yang melakukan pekerjaan editing memiliki bahasa tersendiri untuk penonton melalui tanda yang diberikan kepada masyarakat. Oleh karena itu untuk dapat menyampaikan bahasa secara tepat diperlukan seorang editor dengan kreativitas yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 02 Sep 2016 18:02
Last Modified: 02 Sep 2016 18:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10113

Actions (login required)

View Item View Item